Ocehan Si Mbot – Gilanya Orang Kantoran

mbotoleh Agung ‘Si Mbot’ Nugroho
Penerbit Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 2008
ISBN 9789792249467
242 halaman

Akhir-akhir ini aku cenderung membeli buku tipis-tipis dan ringan, biar mudah dibawa-bawa buat dibaca di perjalanan pulang-pergi ke dan dari kantor, serta untuk teman jaga malam. Setelah beberapa percobaan yang mengecewakan, dapat juga beberapa buku yang cukup patut disebut sebagai buku lucu. Ya, kebanyakan buku-buku ringan terbitan lokal sekarang adalah buku yang diambil dari postingan blog. Raditya Dika-style. Yah, kalo yang jadi standarnya Raditya Dika, ya jangan heran kalau lucunya garing. Nah, tetapi, buku ini ternyata beda. Walau berasal dari blog juga, untungnya dia tidak “ditemukan” oleh grupnya RD, tetapi sepertinya dia pada dasarnya memang terlahir untuk lucu. Berkat dorongan teman-temannya, Mbot akhirnya membukukan post-post-nya di blog. Apalagi, sang editor adalah Isman H. Suryaman, penulis artikel-lucu-yang-cerdas. Artikelnya loh yang cerdas, bukan Isman-nya khikhikhi… Ya, benar. Isman yang penulis Bertanya atau Mati! itu. Loh kok jadi ngomongin Isman sih.

Pengantarnya sendiri sampai 16 halaman, mulai dari endorsement dari banyak orang, termasuk istrinya sendiri, sampai asal-muasal nama si Mbot, pengantar dari sang editor, sampai daftar tokoh dalam buku itu. Sesudah itu, artikel-artikelnya dibagi menjadi 5 bab, yaitu Lobi (berisi tentang awal-awal dia menjadi orang kantoran, termasuk persiapan ke arah sana, seperti wawancara dan tes psikologi), Tangga dan Lift (berisi cerita-cerita lucu saat berinteraksi saat merokok di tangga atau waktu naik-turun lift, walau ada beberapa yang sepertinya lebih cocok masuk ke bab berikutnya), Kubikel (berisi cerita-cerita lucu yang lebih spesifik ke para makhluk kubikel), Jalan Raya (berisi cerita-cerita lucu ketika Mbot berada di jalanan saat berangkat dan pulang kantor), serta Rumah (berisi cerita-cerita lucu di luar kantornya waktu dia masih bujangan maupun sudah berkeluarga). Tidak semuanya cerita lucu, ada juga tips-tips, misalnya tips untuk berkunjung secara efektif dan efisien ke Bandung, walau ditulis juga dengan penuh humor. Artikel favorit saya ada lebih dari satu, karena lucunya beda-beda:

  • Kalau Psikolog Ikut Psikotes. Aku sendiri sudah ikut psikotes berkali-kali, dan lama-lama bosan dengan tes-tes ini, sehingga menjawabnya kadang nyeleneh, terutama di bagian gambar-menggambar. Apalagi si Mbot yang memang psikolog, yang sudah tentu tahu kunci jawaban psikotes ini. Baca deh bagaimana dia mengomentari tes-tes psikologi yang digunakan untuk menyaring orang masuk kerja.
  • Tujuh Belasan. Ini artikel terpanjang, dan favoritku. Rupanya tidak hanya Mbot yang gila, orang-orang kantornya juga gila. Kalau semua panitia tujuhbelasan seperti Mbot dan teman-temannya, kayaknya gak akan ada yang bolos datang ke acara lomba-lomba itu (oke, maksudku AKU yang tidak akan bolos).
  • Innovative (or Desperate) Marketing Effort. Masih tertawa guling-gulingan membaca berbagai adegan khayalan Mbot tentang bank yang memberi hadiah sekardus mi kalau membuka rekening baru.
  • Pentingnya Statistik Bayi bagi Ibu. Artikel yang ini membuatku terhenyak, dan jadi menertawakan diri sendiri. Se-“buruk” itukah diriku? Hihihi… Padahal aku belum jadi ibu-ibu.
  • Misteri Telepon untuk Caca. Artikel ini semakin meyakinkan diriku bahwa Mbot memang terlahir untuk mengalami semua kejadian lucu dan diberi bakat untuk membuat keadaan menjadi lebih lucu lagi.

Buku ini sangat layak koleksi, sangat layak baca. Kuberi review 5 bintang dari total 5 bintang. My mom membacanya sekilas, lalu tertarik, dan kemudian membacanya secara benar (dari depan ke belakang). Ini menunjukkan buku itu benar-benar layak baca, karena mom tidak akan membaca sesuatu yang sesudah dilihat sekilas plotnya atau strukturnya jelek. We end up discussing the book on and on, until my sister got sick about it and read the book itself to find out what was the fuss about. I even gave this book for my friend’s birthday.

Kalau masih pengen membaca lebih banyak lagi tulisan mbot, silakan berkunjung ke blognya.

Advertisements

4 thoughts on “Ocehan Si Mbot – Gilanya Orang Kantoran

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s