Bankir Sesa{a}t

bankirOleh Ichanx
Penerbit GagasMedia, Jakarta, 2009
ISBN 9789797802998
192 halaman

Satu lagi blog yang dijadikan buku. Aku sudah mengunjungi blognya Ichanx sebelum dia menerbitkan bukunya ini, walau tidak reguler. Kalau kamu membacanya blognya (yang dipenuhi postingan bahasa Inggris, mungkin untuk Adsense :p), kadang kita tidak tahu mana yang beneran, mana yang (mungkin) hanya khayalannya saja, hihihihi… Soalnya kadang ceritanya begitu tidak mungkin terjadi. Kayak apa tuh maksudnya, yah baca saja deh.

Balik ke bukunya. Yang dimasukkan ke bukunya adalah masa-masa ketika dia berada di Tarakan, ketika bekerja menjadi pegawai bank. Apakah pegawai bank bisa disebut bankir? Entahlah. Dulu anggapanku yang namanya bankir itu para pejabat-pejabat di tingkat manajemen teratas bank. Kenapa judulnya diberi kurung seperti itu? Sesat atau Sesaat maksudnya? Sepertinya dua-duanya deh. orang ini memang setan, eh, sesat hihihi… Ya, soalnya dia kadang idealis di satu sisi, sama sekali tidak idealis di sisi lain. Menolak transaksi gak bener seorang nasabah, tapi enak-enakan bohong di kantor bahwa dirinya memperbaiki mesin ATM, padahal asik nongkrong di pantai seharian. Selain itu, kadang Ichanx agak-agak sadis deh pada binatang (aku tidak mau membaca tentang ikan si-Naga itu), tetapi kelihatan penyayang waktu nolongin kelelawar yang jatuh di halamannya karena mabok (?).

Orang ini juga tidak malu-malu membuka aibnya sendiri, seperti kisah tentang celana dalam, ATM pake nama aneh-aneh, berangkat dengan parfum obat nyamuk, dan macam-macam lagi. Dia juga kadang berasumsi dan asal menarik kesimpulan, mengeluarkan pernyataan-pernyataan yang tendensius, tetapi ya maklum, itu kan blognya dia, suka-suka dia dong. Ternyata tidak diperhalus waktu dibuat buku ya, Chanx (yayaya, aku tahu kamu pasti baca halaman ini sesudah meng-googling judul bukumu).

Membaca pengalaman Ichanx bekerja di bank di Tarakan itu, aku jadi bersyukur bekerja di kantor yang lebih normal. Masak ada rapat yang diadakan sang bos sampai tengah malam membicarakan kelakuan ibu-ibu Dharma Wanita, ada acara olahraga wajib tiap akhir minggu, dan kesulitan sangat-sangat luar biasa untuk berhenti bekerja.

Ini adalah salah satu buku-dari-blog yang menghibur. Baca deh baca deh baca deh. Kita lihat saja apakah buku ini akan kunobatkan sebagai buku-dari-blog terbaik yang kubaca di tahun 2009 (tahun kemaren Ocehan si Mbot yang terbaik). Tahun 2009 masih panjang hahahaha…..

Advertisements

2 thoughts on “Bankir Sesa{a}t

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s