Dua Komik tentang Kucing dan Satu Komik tentang Kedokteran

Seperti biasa, kalau ada kucingnya atau ada kaitannya dengan kedokteran, aku kok tertarik ya. Yah tidak apa-apalah, kalau gak bagus, ya serialnya tidak usah diteruskan belinya.

paradise-cats1Paradise Cats 1
Oleh Yang A
Diterjemahkan oleh Siti Nuryati
Penerbit m&c! Gramedia, 2009
ISBN 9789792333374

Lucu ya, covernya banyak kucing gendut-gendut. Ada Sid, Vivian, Tartan, Nills, dan Tazio. Kelima kucing ini dimiliki oleh 2 orang pembuat komik yang miskin, Yang Myong Il dan Louie, tetapi kalau dapat honor, selalu yang teringat pertama adalah kebutuhan kucingnya. Sid cowok, Vivian cewek, dan Tartan adalah anak mereka berdua. Tartan ini juga cewek, dan suka nempel-nempel Sid. Adegan Sid memacari Tartan digambarkan dengan ilustrasi manusia (ini sih dalam khayalan Yang), hueeek! Hihihihi……Nills adalah kucing Himalaya, atau mungkin juga kucing Rusia, aku tidak jelas deh, komiknya gak konsisten. Lagipula aku tidak begitu mengerti jenis-jenis kucing. Aku cuma tahu 2 jenis kucing: kucing rumahan dan kucing jalanan, hihihihi… Sementara itu, Tazio adalah kucing terkecil, tetapi gayanya sudah kayak yang paling tua. Kabarnya sih, Tazio ini merasa dirinya dewasa, karena dia dipesani ibunya agar bisa menjaga diri.

Setiap kucing diceritakan karakternya sendiri-sendiri, lucu-lucu deh. Sid yang cuek dan sang pangeran di antara kelima kucing. Vivian yang pemalu. Tartan yang bisu dan selalu mengikuti serta sok melindungi Sid. Nills yang takut-takut dan suka berkelahi dengan Tazio. Tazio yang preman. Yang bikin ketawa guling-gulingan adalah bila sudah digambarkan karakter kucing-kucing ini dalam bentuk manusia. Jadinya, walau gambar-gambar 2 tokoh manusia utamanya jelek dan penerjemahannya tidak begitu bagus, aku kok tertarik ya untuk meneruskan membaca serial ini.

the-cats-beautiful-giftThe Cat’s Beautiful Gift
Oleh Naomi Akimoto
Diterjemahkan oleh Lidwina Leung
Penerbit m&c! Gramedia, 2009
ISBN 9789792333015

Komik ini terdiri dari 4 komik one-shot yang bertema persahabatan manusia dan kucing: Sleeping under Sunshine; Him, Me & You; Flower’s Life; dan Messenger. Dua cerita mengisahkan kucing yang menjadi sahabat yang membantu tokoh utamanya menghadapi hidup dengan kuat walaupun banyak masalah, sedangkan dua lainnya kucing membantu hubungan sepasang kekasih, halah, kalimatku. Di dua cerita sebelumnya, ceritanya sediiiih, huhuhuhu….. Seharusnya sudah bisa diduga kalau judul komiknya begini sih. Oya, komik ini tidak untuk anak-anak, soalnya ada adegan dewasanya hihihi….

a-future-doctorA Future Doctor 01
Oleh Kobato Uchida
Diterjemahkan oleh Ine Martiana
Penerbit m&c! Gramedia, 2008
ISBN 9789792332261

Jeleknya komik tentang kedokteran adalah, aku cenderung membanding-bandingkannya dengan Team Medical Dragon. Komik ini penggambarannya kurang spektakuler, dan jelas tidak se-“dewasa” TMD. Kalau TMD bercerita tentang dokter dengan spesialisasi jantung di sebuah rumah sakit universitas, komik ini bercerita tentang mahasiswa kedokteran tingkat pertama, Noriko Tsukishima, yang bersekolah di Fakultas Kedokteran Universitas Wanita Nippori. Iuuuh, ada gitu ya, universitas khusus wanita. Pasti cepat berkelahi dan iri-irian. Dan seperti biasanya kisah sekolahan, selalu ada geng keren, dan ada deng yang rada nerdy. Si tokoh utama masuk geng rada nerdy tentunya, kalau masuk geng keren, ya gak ada ceritanya. Si tokoh utama masuk universitas untuk orang kaya ini dengan beasiswa. Noriko bersahabat dengan Shinobu Tsuchiya, si tomboy, dan Aya Kitami, si anggun.

Ceritanya berjalan terlalu cepat, tahu-tahu di tengah-tengah komik, Noriko sudah tingkat 2. Jadi eksplorasi kisah kedokterannya gak banyak, yang ada malah cerita tentang si Tsuchiya yang terus-menerus mencari pacar, love interest Noriko si dokter Ubukata, sahabat Noriko yang terkena kanker stadium lanjut, dan sebagainya. Kayaknya cukup sampai serial 1 aja deh aku membacanya.

Advertisements

10 thoughts on “Dua Komik tentang Kucing dan Satu Komik tentang Kedokteran

  1. Paradise cats bagus kok. Cuman emang penerjemah dan editannya sering ketuker antar frame (namanya juga sering ketuker, infonya juga) (kayanya sih ‘mereka’ gak peduli bwt menghayati ceritanya secara keseluruhan)

    Dan bwt yang suka bishonen, paradise cats gambarnya bagus banget, yah Selera sih…

    • bishonen karena faktor tartan yg cowo/cewe???? dan sid yg rambutnya panjang ya? menurutku tartan itu cowo, soalnya si do’i pake baju sailor versi manusianya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s