Boekspot (dan Book of Spells!) di Utrecht

Sebagai pencinta buku, siapa yang tidak menyukai library? Library sederhana seperti perpustakaan sekolah saja sudah bikin hati bahagia, apalagi berbagai library berasitektur indah dengan buku-buku langka yang berada di berbagai kota di dunia. Sidenote sebentar: dalam beberapa bulan ke depan saya akan mengunjungi salah satu perpustakaan indah di ibukota negara asal the handsome Tom Branson-nya Downton Abbey! *excited gak karuan. Teman seperjalanan jauh-jauh hari sudah mengirimi saya link tentang perpustakaan ini. Semoga tidak ada aral melintang 🙂

Omong-omong tentang library, beberapa waktu lalu, mungkin 2009-an, dunia perbukuan dan perpinjambukuan diramaikan dengan ide micro-library. Apa itu? Dari namanya, bisa diartikan perpustakaan kecil. Bentuknya bisa macam-macam, tapi kata kuncinya: kecil. Bisa hanya seukuran kotak pos dengan beberapa buku di dalamnya. Bisa seukuran ruangan kecil dengan beberapa rak. Tujuannya adalah untuk memasyarakatkan gemar membaca, bahkan untuk kalangan yang tidak mampu atau tidak mau mengeluarkan uang untuk membaca. Buku-buku diletakkan di micro-library, dan siapapun yang lewat silakan membaca atau membawa pulang. Kalau sudah selesai silakan diletakkan kembali, atau boleh dipinjamkan ke orang lain. Akan sangat diapresiasi kalau ada yang meminjam satu buku dari micro-library sambil meletakkan  satu buku miliknya di sana untuk dibaca orang lain. Tapi hal ini tidak wajib. Dan semuanya self-service. Gak ada yang menjaga. Gak ada yang mencatat siapa meminjam apa. Dan semuanya gratis. Konsepnya mirip BookCrossing tanpa ada kewajiban mencatatkan tracking perolehan buku tersebut di internet. Asik ya? Di Indonesia katanya juga sudah mulai ada, setidaknya teman di Bandung bilang gitu.

Nah, beberapa bulan lalu (akhir tahun lalu kayaknya sih), suatu hari saya lewat Utrecht Centraal Station, hub utama kereta api di Belanda. Stasiun satu ini sejak saya tiba tahun 2012 sampai sekarang terus dibenahi, ada aja yang berubah, ditambah, dibongkar, dipindah. Yang meninggalkan Belanda beberapa bulan, lalu balik lagi, selalu bingung. Kabarnya Utrecht (termasuk stasiunnya) akan terus membenahi kotanya sampai 2030. Anyway, balik ke stasiun. Antara stasiun dan “mall” (kalau deretan toko dalam gedung yang gak begitu besar itu bisa dibilang mall) Hoog Catharijne, ada hall penghubung. Nah, di sudutnya, saya menemukan ini:

IMG_20160429_165040

Boekspot. Micro-library juga. Di kaca depannya ada tulisan: “Silakan ambil buku. Tinggalkan buku milik anda di sana jika anda mau. Pasang stiker (stiker Boekspot tersedia di rak) di buku, lalu letakkan bukunya di rak. Gak pake bayar. Silakan pinjam bukunya selama anda mau, atau pinjamkan ke orang lain.”

Seperti sudah diduga, banyak buku berbahasa Belanda. Walau negara ini seluruh penduduknya lancar berbahasa Inggris, tetap kayak kita juga lah, semua buku diterjemahkan ke bahasa sendiri. Diriku melihat ada buku-nya Marquez yang membosankan itu, yang ada cholera-nya, di rak bawah.

IMG_20160429_165252

Dan ada buku Dan Simmons! (Ini Hyperion 2 masih belom dibaca-baca juga).

IMG_20160429_165322

Buku anak. (Atau buku untuk ibunya?)

IMG_20160429_165922

Dan ini nih paling epik. Tebeeeeeeel banget. The Element Encyclopedia of 5000 Spells: The Ultimate Reference Book for Magical Arts! *ngakak. Buku langka ini, layak koleksi 😀

IMG_20160429_165423

Daftar isinya.

IMG_20160429_165515

Ada berbagai macam spell, mulai yang berkaitan dengan hewan (ini maksudnya hewan ternak, witch di pedesaan nih kayaknya), bisnis, justice, hantu/vampir dan segala sesuatu yang berkaitan dengan kematian termasuk nekromansi, persuasi/dominasi, mimpi (mungkin maksudnya mengirim mimpi?), konsepsi dan kontrasepsi, kehamilan dan persalinan, pencegah kebakaran, buat berjudi, bikin rumah terasa menyenangkan, penyembuhan, invisibility, transformasi (ke binatang? entahlah), love and seduction, marriage and divorce, money and luck, proteksi, prediksi, spirit summoning (*panggil Bartimaeus), menemukan barang yang dicuri atau orang hilang, spell untuk awet muda, sampai buat cuaca. Gak ada biar lekas lulus sekolah ya?

IMG_20160429_165538

Ini contoh spell buat perhewanternakan. Cara agar sapi selalu pulang ke rumah? Kasih makan dia dari tempat yang digunakan untuk menyiapkan makananmu. Er…….

IMG_20160429_165631

Ini contoh love-related spells. Spell-nya rata-rata mudah dilakukan #eh. Dan ada UNDERWEAR SPELL!

 

IMG_20160429_165708

Kenapa? Lagi nyoba membaca spell-nya biar bisa dicoba yaaaa…..

Wait. Kenapa tu buku tadi gak kubawa pulang yah?

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s